Kebun Raya Katingan Kalimantan Tengah Diluncurkan

By Admin


nusakini.com - Kebun raya di Pulau Kalimantan kembali bertambah lagi. Hal ini seiring diluncurkannya Kebun Raya Katingan yang terletak di Jalan Cilik Riwut Km 13 Kasongan, Katingan, Kalimantan Tengah pada Selasa (6/12) lalu.

Kebun Raya Katingan merupakan kebun raya pertama yang berada di Kalimantan Tengah, sekaligus yang kelima di Pulau Kalimantan. Kebun raya ini memiliki luas sekitar 127 hektar dan merupakan salah satu kebun raya daerah dengan tema koleksi tumbuhan buah tropis Indonesia. 

Pembangunan kebun raya tersebut merupakan hasil kerjasama antara Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan Pemerintah Kabupaten Katingan. 

Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia yang diwakili Alexander Sonny Keraf mengapresiasi terbangunnya Kebun Raya Katingan. Kebun raya itu diharapkan ke depan menjadi salah satu bagian upaya konservasi yang tengah digalakkan saat ini. Dan, pihaknya berterima kasih kepada LIPI, Kementerian PUPR, Kabupaten Katingan, dan pihak terkait lainnya yang telah membantu pembangunan kebun raya ini. 

Bupati Katingan, Ahmad Yantingle mengungkapkan hal serupa. Secara khusus, pihaknya berterima kasih kepada LIPI atas pendampingan yang selama ini dilakukan hingga terbentuknya Kebun Raya Katingan. “Kami bercita-cita selama 10 tahun ke depan, pelan pelan dengan didampingi LIPI, berencana menjadikan Kebun Raya Katingan sebagai tujuan Ecotourism Forest,” ujarnya.   

Sekretaris Utama LIPI, Siti Nuramaliati Prijono mengharapkan, keberadaan Kebun Raya Katingan akan semakin berkembang, terutama untuk penyelamatan tumbuhan di Kalimantan. “Membangun kebun raya daerah adalah membangun masa depan. Launching atau peluncuran kali ini merupakan awal dan menjadi titik tolak memulai era baru kebun raya di Kalimantan Tengah,” katanya. 

Oleh karena itu, dia menekankan, ke depannya kebun raya tersebut diharapkan menjadi salah satu model peran iptek dalam mendukung nilai-nilai konservasi yang bersinergi dengan pembangunan ekonomi masyarakat. Kemudian, kebun raya itu juga menjadi sarana belajar generasi muda tentang pentingnya menjaga tumbuhan dan lingkungan, serta memanfaatkannya secara bijaksana, tutupnya. (p/mk)